Beda MotoGP vs World Superbike

Perbedaan MotoGP vs World Superbike

MotoGP dan WSBK

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa MotoGP merupakan F1 nya balap motor dimana mereka melombakan motor prototype, sedangkan World Superbike merupakan balapan motor superbike masal. Selebihnya  tidak banyak yang tahu perbedaan antara motoGP dan WSBK dan uniknya justru karena perbedaan inilah yang menjadikan keduanya begitu menarik untuk di tonton!

660px-Motogp.svg

Spesifikasi MotoGP

  • Merupakan motor prototype yang tidak diproduksi massal
  • Kapasitas mesin maksimum adalah 800cc
  • Jumlah valves adalah 16 pas
  • Dilarang menggunakan turbo/kompresor
  • Ban Bridgestone
  • Bobot motor sesuai silinder : 2/137kg , 3/140,5kg , 4/148kg, 5/156kg, 6/163kg
  • Bahan bakar 21 liter
  • Traction control diperbolehkan
  • Suspensi aktif dilarang
  • Biaya penyewaan 1 buah motor adalah 3-3,5 juta dolar/musim

pembalap tersukses di motoGP – 2 gelar dari Honda, 4 gelar dari Yamaha

Catatan Tersendiri MotoGP

  • Dinamakan MotoGP pada tahun 2002 – sebelumnya bernama GP500
  • Kapasitas mesin 990cc (2002-2006) kini 800cc
  • Kecepatan maksimum : 349 km/j – Dani Pedrosa / Repsol Honda RC212V (2009)
  • Juara seri terbanyak  : Valentino Rossi 61 kemenangan s/d seri ke 6 2009
  • Juara dunia terbanyak  : Valentino Rossi 5 kali (2002-05 & 2008)
  • Juara dunia termuda : Casey Stoner – Ducati marlboro( 22 tahun pada musim 2007)
  • Juara dunia dengan kemenangan tersedikit : Nicky Hayden – Repsol honda (2 kemenangan)
  • Kecelakaan terburuk : Daijiro Katoh – Honda Gresini 2003
  • Juara bertahan terburuk : Nicky Hayden – Repsol honda (peringkat 8)
  • Rookie terbaik : Dani Pedrosa – Repsol honda (peringkat 3 pada musim 2006)
  • Debutan terbaik : Jorge Lorenzo – Fiat Yamaha (runner up gp Qatar musim 2008)
  • Motor Motogp yang dijual bebas adalah Ducati DesmosediciRR
  • Setiap seri hanya ada satu balapan
  • Seri pendamping adalah Gp125 dan Gp250 (menjadi moto2 600cc pada 2010)

Spesifikasi World Superbike

  • Merupakan motor produksi masal (minimal 3000 unit pada musim 2010)
  • Kapasitas mesin 1000cc untuk 4 silinder, 1200cc untuk 2 silinder
  • Ban Pirelli
  • Bobot minimum 4 silinder 162kg dan 2 silinder 168 kg
  • Bahan bakar sesuai dengan produksi masal
  • Traction control diperbolehkan
  • suspensi aktif diperbolehkan
  • Biaya penyewaan 1 buah motor adalah 150.000 USD/musim

Pabrikan tersukses di WSBK – 15 kali menjadi juara dunia konstruktor !

Catatan Tersendiri WSBK

  • Didirikan pada tahun 1988
  • Kapasitas mesin 750cc 4 silinder / 1000cc 2 silinder (1988-2002)
  • kecepatan maksimum  : 320 km/j Max Neukirchner / Alstare Suzuki GSXR1000 (2008)
  • Juara seri terbanyak : Carl Fogarty 59 kemenangan (1999)
  • Juara dunia terbanyak : Carl Fogarty 4 kali (94-95 & 98-99)
  • Juara dunia dengan kemenangan tersedikit : James Toseland – Ducati (3 kemenangan)
  • Juara konstruktor terbanyak : Ducati 15 kali s/d musim 2009
  • Rookie Terbaik : Ben Spies 9 kemenangan s/d seri donington park
  • Seluruh motor yang ada di WSBK bisa di beli kalangan umum.
  • Setiap seri di lakukan dua balapan
  • Setiap grid ada 4 pembalap
  • Balapan pendamping adalah WSS 600cc &  Superbike WST

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: