Stadion Sepak Bola Terkenal

Sepak bola tak bisa dipisahkan dengan dengan stadion. Stadion merupakan bagian terpenting dalam olahraga ini. Klub-klub sepak bola besar dan terkenal identik dengan stadion yang menjadi home base mereka. Bahkan sebuah stadion pun mennjadi image sebuah kota. Jika menyebutkan Camp Nou, pasti orang akan mengacu pada klub Barcelona, Liverpool sangat identik dengan Anfield, Wembley merujuk pada kota London atau Aztec di Mexico City.

Setiap penyelenggaraan suatu turnamen sepak bola seperti Piala Dunia, Piala Eropa ata Piala Asia, selalu menitik beratkan terhadap fasilitas yang satu ini disamping infrastruktur pendukung kota yang lain nya seperti Transportasi, akomodasi dan lainnya. Tanpa stadion yang sesuai standar tidak mungkin suatu kota dapat terpilih menjadi host suatu turnamen. Lihatlah Piala Dunia, Piala Eropa, FIFA dan UEFA selalu menerapkan standar yang tinggi untuk bisa menjadi penyelenggara. Bagaimana dengan stadion di Indonesia? Sesuatu yang sulit untuk di jawab. Fasilitas yang kurang bahkan minus dengan alasan klasik yaitu dana. Para penonton sepak bola tidak dapat menikmati pertandingan yang mengakibat permainan di lapangan pun menjadi membosan kan karena kualitas lapangan dan stadion yang memprihatinkan. Bahkan lebih asyik menonton di televisi dibandingkan di stadion langsung. Bukan karena apa melainkan karena tidak aman nya bila menonton di stadion. Di dalam stadion swaktu-waktu bias terjadi kerusuhan yang disebabkan ulah penonton sendiri yang tidak sportif. Semoga di Indonesia ada stadion-stadion baru yang dapat mengacu pada stadion-stadion terkenal di dunia.

Berikut ini akan di sajikan beberapa profil stadion sepak bola terkenal di dunia yang dilengkapi dengan foto-foto dan informasi mengenai stadion tersebut.

Beijing National Stadium, Beijing
Beijing National Stadium atau biasa disebut Bird’s Nest (sarang Burung) merupakan stadion fenomenal dengan arsitektur yang paling rumit. Berkapasitas 80 ribu tempat duduk, diresmikan menjelang Olimpiade Beijing 2008.

Lihatlah bentuk stadionnya dari luar, tak salah jika orang lebih banyak mengenalnya sebagai sarang burung raksasa. Stadion ini berada di kompleks Olimpiade Beijing, dan didesain oleh Herzog dan de Meuron yang memenangkan lomba desain stadion untuk Olimpiade Beijing pada 2001. Herzog dan de Meuron berkolaborasi dengan desainer local China Ai Weiwei. Konstruksi awal stadion ini diperkirakan menghabiskan biaya 3.89 miliar yuan, tetapi karena biaya yang terlalu besar maka stadion ini didesain ulang pada 2004 seperti bentuknya sekarang sehingga hanya menelan 2,3 miliar yuan untuk pembangunannya.

Beijing National Stadium, Beijing atau sarang burung

Beijing National Stadium, Beijing saat pesta kembang api

Rungrado May Day Stadium, Pyöngyang
Stadion sepak bola terbesar di dunia ternyata ada di benua Asia, bukan di China atau pun India dengan penduduk terbesar di dunia, tapi berada di Pyöngyang, Korea utara sebuah Negara yang di embargo oleh dunia internasional. Walaupun demikian Korea Utara mempuyai suatu kebanggaan dengan memiliki stadion sepak bola terbesar di dunia hingga saat ini. Karena diresmikan 1 Mei 1989, maka stadion ini diberi nama Rungrado May Day Stadium atau Rŭngrado May First Stadium. Rungrado May Day Stadium berkapistas 150 ribu penonton. Nama Rungrado berasal dari Pulau Rungra di Sungai Taedong. Total luas lantai di stadion ini mencapai 207.000 m² sedangkan tinggi atap 60 meter dari tanah.

Rungrado May Day Stadium, Pyöngyang

Camp Nou, Barcelona
Nou Estadi del Futbol Club Barcelona, nama lengkap stadion milik klub kebanggaan masyarakat Catalan ini. Stadion yang diresmikan pada 24 September 1956 ini berkapasitas 98.800 kursi dan merupakan stadion terbesar di Eropa sampai saat ini. Partai pertama FC Barcelona di stadion ini ketika menjamu Warsaw selection dengan hasil 4-2 untuk tuan rumah.

Camp Nou yang beralamat di Avinguda Aristides Maillol, s/n, 08028, Barcelona, pernah direnovasi tahun 1980 dan 1994. Stadion ini berada di sebelah barat kota Barecelona dan berjarak 5 km dari pusat kota. Bandara terdekat yaitu Barcelona El Prat Airport (13km) dan Barcelona Girona Airport (91km).
Untuk info lebih lengkap di http://www.fcbarcelona.com

Camp Nou, Barcelona

New Wembley Stadium, London
Stadion terbesar di Inggris Raya ini telah beberapa kali mengalami renovasi. New Wembley Stadium yang nama lama nya adalah Wembley Stadium merupakan stadion keramat bagi Inggris dan hanya di mainkan untuk partai-partai penting saja seperti Final FA Cup dan pertandingan tim nasional Inggris sendiri. Bahkan sekarang semifinal FA Cup juga dilangsungkan disini.

New Wembley Stadium berkapsitas 90 ribu kursi dan terbesar setelah Camp Nou untuk kawasan Eropa. Stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti sarana olahraga lainnya, toko-toko merchandise, café dan restoran layak nya sebuah pusat perbelanjaan. Sekarang New Wembley Stadium telah menjadi ikon baru kota London yang akan menjadi host Olimpiade. Sebuah busur yang menjulang tinggi menjadi ciri khas New Wembley Stadium.

new wembley

Santiago Bernabeu, Madrid
Santiago Bernabeu merupakan stadion kebanggaan kota Madrid khususnya pecinta klub Real Madrid. Stadion berkapasitas 80.400 kursi ini diresmikan 14 December 1947 dan pertandingan perdanya adalah Real Madrid vs OS Belenenses. Telah mengalami 5 kali renovasi dan terakhir pada 2003-2004. Stadion bernama lengkap El Estadio Santiago Bernabeu memiliki pencahayaan lampu 1.300 lux. Stadion ini juga didukung dengan fasilitas umum lainnya layak nya stadion besar Eropa dan salah satu stadion kelas 1 UEFA yang layak menyelenggarakan partai final Liga Champions.

Avenida Concha Espina 1, 28036 Madrid alamat lengkapnya jika anda ingin mengunjungi stadion milik Real Madrid ini. Berlokasi di daerah Paseo de la Castellana dan berjarak 4.5 km dari pusat kota ke arah timur laut. Anda dapat menggunakan Bus Line 14, 27, 40, 43, 120, 147 & 150 atau dengan Bandara Madrid Barajas (11 km dari Stadion) untuk menuju kesana.

Santiago Bernabeu

Old Trafford, Manchester
Old Trafford milik klub Manchester United diresmikan pada 1909 dengan alamat Sir Matt Busby Way, Old Trafford, Manchester, M16 0RA. Berkapasitas 76.000 tempat duduk adalah stadion terbesar setelah New wembley di Inggris. Stadion yang dikenal dengan Theatre of Dreams ini termasuk stadion kelas 1 UEFA dan pernah menyelenggarakan partai final Liga Champions antara AC Milan vs Juventus tahun 2003.

Manchester United pemilik stadion ini berdiri pada 1878 dengan julukan The Red Devils adalah klub tersukses Inggris selama 2 dekade terakhir yang telah menjuarai Primiere League 18 kali dan 3 kali jawara Champions League sampai 2009. Di kota Manchester sendiri ada 2 klub di Primiere League yaitu Manchester United dan Manchester city, tetapi hanya united yang mendunia.

Old Trafford berjarak 3,5 km dari pusat kota kearah barat laut. Bandara terdekat yaitu Manchester International Airport berjarak 15 km. Untuk pemesanan tiket dapat dihubungi http://www.manutd.com/tickets/

Theatre of Dreams

Anfield, Liverpool
Anfield stadion legendaris milik Liverpool FC, diresmikan 1884 sebelum Liverpool FC, sedangkan Liverpool FC sendiri terbentuk 1892. Awalnya stadion berkapasitas 45.400 bangku ini menjadi home base klub sekota Everton yang terpaksa pindah ke stadion baru yang diberi nama Goodison Park. Anfiel terletak di Anfield Road, Liverpool, L4 0TH
Walaupun berkapasitas 45.400 bangku tapi pernah tercatat stadion ini pernah dipenuhi 61,905 penonton saat Liverpool vs Wolves, 2 Februari 1952. Jarak bandara terdekat yaitu Liverpool John Lennon Airport (16 km).

Anfield

Emirates Stadium, London
Emirates Stadium milik Arsenal FC diresmikan 22 July 2006 dengan partai perdana tuan rumah Arsenal menjamu Ajax Amsterdam. Berkapasitas 60.400 kursi menjadikan stadion ini menadi stadion terbesar kedua setelah New Wembley di kota London. Emirates berlokasi 7,5 km kearah utara London. Bandara terdekat adalah Heathrow Airport berjarak 30 km. pemesanan tiket dapat dilihat di http://www.ticketmaster.co.uk/ . Sebelum menjadikan Emirates sebagai home base, Arsenal menggunakan Highbury yang terletak dekat pusat kota. Dengan alasan kapasitas yang kecil, akhirnya Arsenal membangun stadion baru yang letak nya agak jauh dari stadion lama nya ini. Tetapi Arsenal tetap menjadikan Highbury sebagai markas klub.

Emirates Stadium

San Siro, Milan
Stadion dengan nama resmi Stadio Giuseppe Meazza merupakan home base dua klub elite kota Milano AC Milan dan Internazionale Milan. Di resmikan pada 19 September 1926 dengan partai perdana adalah AC Milan vs Inter sekaligus derby pertama di stadion ini. Telah dua kali mengalami renovasi tahun 1955 & 1990 tetap tidak merubah kemegahan stadion ini.

San Siro memiliki 85.700 kursi dengan 5.200 kursi diantaranya kelas VIP dengan pencahayaan lampu sebesar 3.600 lux menjadikan stadion ini nyaman untuk pertandingan malam hari. Stadion ini berada di Via Piccolomini 5, 20151 Milan, 5,5 km dari pusat kota Milano.

san siro

Olympiastadion, Berlin
Olympiastadion Berlin pertama kali diresmikan pada 1 Agustus 1936 dan direnovasi besar-besaran pada 2000-2004 sebagai venue Piala Dunia 2006. Dan disini pula Finalnya berlangsung antara Italia dan Prancis yang di menangkan Italia untuk keempat kalinya. Stadion yang beralamat Olympischer Platz 3, 14053 Berlin ini berkapasitas 74.200 kursi dan pencahayaan lampu 1.500 lux termasuk stadion kelas 1 UEFA. Hertha BSC menjadi klub Bungdesliga satu-satunya yang menggunakan stadion ini sebagai kandangnya. Berjarak 12 km dari pusat kota Berlin dan berjarak 28 km dari bandara Berlin-Schönefeld Airport.

Olympiastadion Berlin

Olimpico, Roma
Olimpico merupakan kandang dua klub kota Roma yaitu AS Roma dan SS Lazio, namun stadion ini dimiliki oleh Pemerintah Italia. Dengan nama resmi Lo Stadio Olimpico berkapsitas 82.000 penonton dan dimensi lapangan 105 m X 68 m menjadikan salah satu stadion di Italia yang masuk kelas 1 UEFA selain San Siro di Milano. Beralamatkan di Via Foro Italico, 00194 Roma 6 km dari pusat kota, stadion ini menjadi partai puncak Champions League 2009 antara Manchester United vs FC Barcelona.

Olimpico

Allianz Arena, Munchen
Inilah stadion terindah dan canggih yang ada saat ini, Allianz Arena. Diresmikan 30 Mei 2005 dengan partai perdana antara TSV 1860 München-1.FC Nürnberg. Stadion ini adalah home base FC Bayern München dan TSV 1860 München. Jika FC Bayern München menjadi tuan rumah maka stadion ini akan berwarna merah, sebalik nya jika TSV 1860 München bermain akan berwarna biru. Serta akan berwarna putih ketika timnas Jerman bermain disana. Sungguh terknologi Jerman yang sangat canggih.

Allianz Arena yang berkapasitas 69.900 penonton ini adalah menjadi tempat pembukaan Piala Dunia 2006. Ukuran lapangan 105 X 68 meter dan pencahayaan 1.500 lux menjadikan stadion ini salah satu stadion terbaik di Dunia. Dengan alamat Werner-Heisenberg-Allee 25, 80939 München anda bisa mengunjungi stadion ini karena hanya berjarak 11 km dari pusat kota munchen atau 29 km dari bandara Flughafen Munchen.

Allianz Arena, Munchen

Ketika Bayern bermain
TSV 1860 München tampil

Stade de France, Saint-Denis , Paris
Stade de France berkapasitas 80.000 tempat duduk dan 6.000 kelas VIP ini diresmikan pada 28 January 1998 dan partai perdananya adalah Prancis vs Spanyol yang dimenangkan Prancis 1-0 lewat gol Pemain terbaik 50 tahun UEFA Zinedine Zidane. Stade de France yang berada di 93216 Saint-Denis la Plaine menjadi saksi sejarah ketika Prancis menjadi juara dunia setelah mengalahkan brazil 3-0 di partai puncak lagi-lagi lewat 2 gol sang legenda Zinedine Zidane. Stadion ini adalah kandang tim nasional Prancis dan tidak ada klub yang menjadikannya sebagai kandang mereka.

Stade de France, Saint-Denis , Paris

La Bombonera, Buenos Aires
Dengan nama resmi Estadio Alberto J. Armando stadion ini adalah stadion kebanggaan milik klub Ibukaota Argentina Baca Juniors yang merupakan musuh abadi klub sekota River Plate. Beralamatkan di Brandsen 805, Capital Federal, stadion ini diresmikan pada 25 Mei 1940 dan partai perdana nya adalah Boca vs San Lorenzo, 2-0 untuk Boca. Stadion ini berkapasitas 57.400 tempat duduk. Ketika Boca bermain, stadion ini selalu penuh dan dipenuhi dengan warna biru kuning, warna khas Boca. Ada hal unik yang tejadi ketika Boca mencetak gol di stadion ini, penonton akan berlari bergerak turun ke pinggir tribun dengan euphoria mendekati pagar pembatas layak nya suatu longgsoran penonton.

La Bombonera, Buenos Aires

Estadio Mario Filho, Rio de Janeiro
Estadio Mario Filho mungkin anda tidak mengenalnya, tetapi jika disebutkan Maracanã pasti anda akan tahu. Ini lah stadion bersejarah milik Brazil di kota Rio de Janeiro. Disinilah pernah lahir bintang-bintang tim nasional Brazil. Maracanã diresmikan 1950 dengan kapasitas 70.000 tempat duduk, tetepi pernah tercatat rekor stadion ini dipenuhi 183.300 penonton saat Brazil melawan Paraguay tahun 1969.
Berada di kawasan Rua Prof. Eurico Rabelo, s/n., Maracanã – Rio de Janeiro. Stadion Maracanã mempunyai ukuran lapangannya 110 X 75 meter dan pernah menjadi tempat partai final Piala Dunia. CR Flamengo dan Fluminense FC menjadikan stadion Maracanã sebagai kandang mereka.

maracana

Luzhniki, Moscow
Spartak dan Torpedo Moscow bermarkas disini. Luzhniki merupakan stadion terbesar di Rusia. Dengan kapasitas 80.600 kursi Luzhniki menjadi tempat Final Liga Champions 2008 antara Manchester United vs Chelsea yang di menangkan MU lewat drama adu penalty. Luzhniki diresmikan pada Luzhniki saat USSR (kala itu Rusia masih tergabung dalam uni soviet) menang 1-0 atas China 31 Juli 1956. Stadion yang beralamatkan di Luzhnetskaya nab. 24, 119048 Moskva, memiliki pencahayaan lampu 1.400 lux. Luzhniki memiliki bentuk arsitektur yang sama dengan stadion kebanggaan Indonesia Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Karena GBK dan Luzhniki diaresiteki oleh orang dan perusahaan yang sama. Tak salah jika GBK meniru stadion ini karena bentuknya yang indah dan kekokohanya.

Luzhniki, Moscow

Estadio Azteca, Mexico City
Stadion nasional Mexico ini pernah menjadi venue final Piala Dunia yang diadakan di Mexico 1986. Berkapasitas 114.600 tempat duduk, stadion Aztec merupakan salah satu stadion terbesar di dunia. Sejak di resmikan pada 1966 stadion Aztec menjadi kandang CF Atlante dan Club America. Stadion ini pula yang menjadi saksi Maradona menunjukkan aksinya dengan gol ajaib solo run dan gol tangan tuhan yang ia buat saat melawan Inggris.

Aztec

Yokohama International Stadium, Yokohama city
Berkapasitas 70.000 penonton Yokohama International Stadium adalah tempat berlangsung nya final Piala Dunia 2002 Korea-Jepang, antara Brazil vs Jerman dan dimenangkan Brazil dengan Skor 2-0. Sejak diresmikan pada Maret 1998 telah menjadi kandang klub Yokohama Marinos. Stadion ini berada di 3302-5 Kozukue, Kohoku-ku, Yokohama city.

Yokohama International Stadium, Yokohama city

Seoul World Cup Stadium, Seoul
Seoul World Cup Stadium berkapasitas 64.000 penonton adalah venue pembukaan Piala Dunia 2002. Diresmikan pada November 2001 dengan alamat 515 Seongsan-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea. Stadion ini di lengkapi dengan berbagai fasilitas public yang lengkap seperti pusat perbelanjaan dan restoran.

Seoul World Cup Stadium

Veltins Arena, Gelsenkirchen
Veltins Arena atau dulu disebut Arena auf Schalke adalah salah satu stadion Jerman yang didesain dengan teknologi tinggi selain Allianz Arena. Atap stadion ini dapat menutup secara otomatis sehingga saat musin dingin atap stadion akan tertutup. Selain itu juga terdapat kecanggihan lainnya, lapangannya dapat bergerak keluar masuk stadion dengan system otomatis juga. Hal ini karena stadion ini juga difungsikan untuk kegiatan umum lainnya seperti konser music, olahraga indoor, bahkan bias digunakan sebagai arena balap indoor.
Diresmikan pada 2001, Veltins Arena merupakan stadion bintang lima, dan salah satu arena indoor multi fungsi terbesar di Eropa dengan daya tamping penonton 62.000 penonton, 17.00 diantaranya untuk penonton berdiri. Biaya pembangunan stadion ini sebesar 358 juta German Marks. Schalke 04 bermarkas disini, dan partai perdanya adalah ketika Schalke melawan tim satu wilayah Borussia Dortmund. Stadion terletak di utara Gelsenkirchen atau tepatnya Ernst-Kuzorra-Weg 1, 45891 dan hanya berjarak 7 km dari pusat kota Gelsenkirchen.

Veltins Arena

Atatürk Olympic Stadium, Istanbul
Dalam bahasa Turki Atatürk Olympiyat Stadi berkapasitas 80.600 dan juga termasuk salah satu stadion kelas 1 UEFA. Menjadi venue final Liga Champions antara Liverpool vs AC Milan 2005. Diresmikan pada 13 Desember 2001 berada di bagian barat kota Istanbul atau berada di bagian kota Eropa, karena kota tua ini berada di 2 benua yang dipisahkan oleh selat Bosphorus. Dahulu Istanbul bernama Konstantinopel pada masa Imperium Roma dan menjadi Ibukota kerajaan Romawi Timur Byzantine.

Atatürk Olympic Stadium

Azadi Stadium, Taheran
Azadi Stadium berkapasitas lebih dari 100 ribu penonton, menjadikan stadion ini salah satu dari enam stadion sepak bola yang berkapistas di atas 100 ribu penonton, lima lainya yakni, Rungrado May Day Stadium (Pyöngyang), Azteca (Mexico-City), Jawaharlal Nehru Stadium (New Delhi), Gelora Bung Karno (Jakarta), dan Bukit Jalil Stadium (Kuala Lumpur). Ketika tim nasional Iran bermain, stadion ini akan terisi penuh bahkan tak jarang banyak penonton yang tak bisa masuk untuk menonton.

Azadi Stadium, Taheran

Gelora Bung Karno, Jakarta
Gelora Bung Karno (GBK) dibangun pada masa presiden Soekarno, dan ditujukan untuk menyelenggarakan pesta olahraga Ganefo dan Asian Games. GBK termasuk salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas lebih 100 ribu penonton. Stadion ini termasuk unik karena tidak seluruh kursi penonton berbentuk seats (fiber) dan bahkan hampir sebagian besar tempat penonton terbuat dari kayu. Jika diperhatikan bentuk arsitekturnya, stadion ini sangat mirip dengan stadion Luzhniki di Moscow, Rusia. Hal ini karena kedua stadion ini dirancang oleh orang yang sama. Saat itu Indonesia di bawah Presiden Soekarno berhubungan baik dengan Uni Soviet (Rusia) kala itu.

Gelora Bung Karno, Jakarta

Estadio do Dragao, Porto
Beralamat Avenida Fernão de Magalhães, Porto diresmikan pada 16 November 2003. Menelan biaya pembanguna € 98 juta. Berkapasitas 52.000 penonton dengan kekuatan 1.600 lux cahaya lampu. Dragao berjarak 3,5 km dari pusat kota Porto dan 15 km dari bandara Francisco Sá Carneiro Airport. Informasi tiket dapat di http://www.fcporto.pt/Servicos/Bilheteira/

Do Dragao

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: