Dua Motor Sport Siap Puaskan Biker

Dua Motor Sport Siap Puaskan Biker

(IST)

INILAH.COM, Jakarta – Bagi Anda yang berencana membeli sepeda motor sport dengan harga di bawah Rp20 juta, lebih baik membeli sepeda motor yang sesuai fungsi dan jaringan layanan purna jualnya. Dua raksasa kuda besi di tanah air, Honda dan Yamaha, makin trengginas dengan menghadirkan sepeda motor sport barunya, yaitu New Mega Pro dan Byson (baca:baisen). Mana yang lebih baik?

Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) memutuskan menjual Yamaha Byson (baca: baisen) tanpa injeksi bahan bakar (fuel injection) karena bensin beroktan tinggi sulit didapat di luar pulau Jawa.

“Kami memutuskan Yama Byson tidak menggunakan injeksi bahan bakar, karena bensin beroktan tinggi di luar pulau Jawa sulit didapatkan. Kami sudah melakukan survei juga terhadap pengguna Vixion di luar pulau Jawa,” ujar Manager Technical Support Service Division YMKI Muhamad Abidin, di sela acara Ngabuburit Bersama Byson, Kamis (19/8), di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Muhamad Abidin mengatakan, pengguna Vixion yang berdomisili di Makasar kesulitan untuk mendapatkan bahan bakar beroktan tinggi, jadi mereka terpaksa menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

Byson mengusung 153cc empat langkah SOHC dua klep berpendingin udara dan tidak mengunakan injeksi bahan bakar (fuel injection). Motor ini mampu mencapai tenaga maksimum 10,1 kw (13,54 ps) pada 7.500 rpm dan torsi puncak 10,5 Nm pada 5.500 rpm.

Byson dilengkapi dengan full digital LCD speedometer dan catalytic converter. Byson tampak seperti supermoto, bukan seperti sepeda motor sport dengan tampilan tangki bahan bakar yang gemuk dan garpu depan yang berdiameter 41 mm.

Motor ini juga memiliki suspensi mono shock dan ban tubeless berukuran 120/70-17. Berbeda dengan Honda New Mega Pro, Byson tidak dilengkapi rem cakram di ban belakang. Byson dibandrol Rp19,9 juta.

Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi terbaru Mega Pro, Senin (9/8), di Sentul, Bogor, Jawa Barat, untuk memperkuat segmen sepeda motor sportnya.

“New Mega Pro kami luncurkan untuk memenuhi permintaan konsumen Honda yang terakhir kali kami lakukan minor change 2006 lalu. Motor ini menggunakan mesin baru dan lebih hemat bahan bakar,” ujar Presiden Direktur PT AHM Yusuke Oori.

New Mega Pro mengusung mesin 150cc SOHC. New Mega Pro juga dilengkapi dengan monoshock dan semi-digital speedometer. Honda mengklaim New Mega Pro mengonsumsi satu liter bensin untuk 42,2 km, berbeda dengan model lama yang hanya menempuh jarak 39 km.

New Mega Pro tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu brave black, strong silver, renegade red, dan brace blue. Motor ini dibandrol Rp18,3 juta untuk tipe velg jari-jari dan Rp19,5 juta.

Ketika INILAH.COM menjajal kedua sepeda motor ini, New Mega Pro memang layak disebut sebagai sepeda motor sport yang garang dan macho karena pada putaran mesin tinggi di 3.000 rpm, tarikan mesin terasa mantap. Motor ini cocok bagi bikers yang suka dengan kecepatan.

Sementara itu, Byson lebih nyaman untuk digunakan touring ke luar kota atau perjalanan jauh. Byson sangat nyaman saat putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

Nilai minus pada Byson adalah absennya rem cakram belakang. Padahal, dengan harga yang tidak jauh berbeda, New Mega Pro sudah dilengkapi dengan rem cakram belakang.

Sementara itu, New Mega Pro memiliki nilai minus pada suara knalpot yang lebih nyaring dibandingkan Byson yang memiliki catalytic converter sehingga mampu meredam suara knalpot menjadi lebih halus.

Jadi, pilihan terakhir ada di tangan Anda. [mdr]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: